loading...

Sunday, October 19, 2014

weton

HITUNGAN WETON JAWA
Rumusan Perhitungan Jawa
Kita hanya bisa berusaha dan doa .
        Hitungan weton jawa ada banyak versi hitungan weton dalam budaya jawa, dan rumus hitungan dibawah ini yang biasanya paling banyak digunakan, soal gimana hasilnya ya wallahu a’lam.
Hitung-hitungan angka weton jawa sbb :
Hari : Senin=4,   Selasa=3,   Rabu=7,   Kamis=8,   Jum’at=6,   Sabtu=9,   Minggu=5
Pasaran : Pahing=9,    Pon=7,    Wage=4,    Kliwon=8,    Legi=5
Jatuhnya Weton (jatuh hitungan Kelipatan 5)
Sandang/ Pakaian : jatuh di angka 1, 6, 11, 16, 21, 26, dst 
Pangan/ Makan : jatuh di angka 2, 7, 12, 17, 22, 27 dst
Papan/ Rumah : jatuh di angka 3, 8, 13, 18, 23, 28 dst
Loro/ Sakit, musibah : jatuh di angka 4, 9, 14, 19, 24, 29 dst
Pati/ Mati, musibah : jatuh di angka 5, 10, 15, 20, 25, 30 dst😀

loading..

Hitung hitungan ini berfungsi untuk : ketemu jodoh, kecocokan dalam rumah tangga dll
misal ada orang mau menikah :
Si Laki-laki punya weton : Kamis Pahing (Kamis=8)+(Pahing=9) = total 17
Si Wanita punya weton Rabu Wage (Rabu=7)+(Wage=4) = total 11
17+11=28 (jatuhnya weton di papan/rumah)
Analisanya : kata para leluhur
jadi kalau menikah nanti insya Allah Bahagia, rejeki rumahnya berlimpah.
Weton Si Laki-laki lebih tinggi daripada wanita…ini yang benar karena laki-laki adalah kepala rumah tangga, kalau weton Si wanitanya lebih tinggi, dalam rumah tangga Wanita yang dominan.
hindari menikah kalau jatuh weton nya di loro/ sakit atau pati/meninggal, karena nanti musibah tidak ada hentinya
Versi primbon jawa lainnya, adalah yang menggunakan hitungan penambahan dan pembagian, yakni total penambahan angka nilai hari & pasaran laki-laki & perempuan dijumlahkan lalu dibagi, dan angka sisa pembagian itulah yang dijadikan hitungan ramalan.
Tapi dalam versi ini masih ada 2 versi lagi model penghitungannya.
Versi pertama, Total angka weton kedua pasangan ditotal lalu dibagi dengan kelipatan 10,
misalnya total penambahan angka weton keduanya hasilnya 29, maka dibagi dengan  kelipatan 10, sisanya 9.
Dan jika sisanya lebih dari 7 maka angka 29 tadi dibaginya dengan kelipatan 7 sehingga sisanya 1, dan itulah hasilnya yakni tidak lebih dari angka 7.
Versi yang kedua, total angka weton dibagi dengan kelipatan 10, dan jika sisanya lebih dari 7 maka sisa hasil pembagian tadi dibagi lagi dengan kelipatan 7.
Misalnya  total nilai weton laki-laki & perempuan adalah 29, trus dibagi dengan kelipatan 10, dan sisanya 9.
Karena sisanya lebih dari 7 maka dibagi lagi dengan kelipatan 7 dan sisanya adalah 2.
hmm……dan hasil sisanya ternyata lain dengan hitungan yang sebelumnya.
Dan berikut ini makna primbon jawa dari angka hasil sisa pembagian:
Sisa 1 disebut WASESA SEGARA, ramalan rumah tangganya: akan baik perwatakannya, besar wibawanya, & banyak budinya.
Sisa 2 disebut TUNGGAK SEMI, ramalan rumah tangganya: mudah mencari rezeki.
Sisa 3 disebut SATRIA WIBAWA, ramalan rumah tangganya: mendapat keluhuran & kemuliaan
Sisa 4 disebut SUMUR SINABA, ramalan rumah tangganya: banyak yang berguru, jadi tempat untuk mendapat pengetahuan
Sisa 5 disebut SATRIA WIRANG, ramalan rumah tangganya: mengalami kesusahan & dipermalukan
Sisa 6 disebut BUMI KAPETHAK, ramalan rumah tangganya: banyak mengalami kesedihan tapi tabah & pekerja keras
Sisa 7 disebut LEBU KATIUP ANGIN, ramalan rumah tangganya: banyak mengalami kesusahan duka nestapa dan cita-citanya sulit tercapai.
Pada angka sisa 5, 6, dan 7 isinya susah melulu, dan dalam primbon jawa hal ini yang disebut kurang jodoh.
Namun, kalau sepasang laki-laki dan perempuan udah saling mantap dan yakin dengan pasangannya, maka dalam primbon jawa disarankan juga agar calon mempelai disyarati, yakni melakukan ritual agar kejadian buruk tidak menimpa rumah tangganya kelak.
Pada sisa angka weton 5, disarankan agar salah satu calon pengantin selamatan syukuran dengan menyembelih ayam sebelum melaksanakan upacara pernikahan.
Pada sisa angka weton 6, disarankan agar salah satu calon pengantin mengubur atau menanam tanah sebelum melaksanakan upacara pernikahan.
Dan pada sisa angka weton7, disarankan agar salah satu calon pengantin menghambur-hamburkan tanah sebelum upacara pernikahan berlangsung.
Jatuhnya weton bukan kehendak kita, semua sudah ada yang mengatur, mungkin dalam berpacaran atau sebelum menikah…ini bisa menjadi bahan pertimbangan, kata orang tua dan para leluhur kadang ada benarnya.
Dalam buku Primbon Jawa ada Primbon Weton yaitu perhitungan masing-masing dino / hari ada hitungannya. Misalnya untuk menentukan tentang masalah jodoh juga memakai hitungan weton / neptu dan pasaran ini. Juga untuk masing-masing sasi / bulan ada jumlah angkanya, begitu juga dengan tahun.
Primbon Weton Neptu Dino Pasaran
Akhad neptu 5
Senin neptu 4
Selasa neptu 3
Rebo neptu 7
Kemis neptu 8
Jumat neptu 6
Sabtu neptu9
Kliwon neptu 8
Legi neptu 5
Pahing neptu 9
Pon neptu 7
Wage neptu 4
Sebagai contoh misalnya si Miko lahir pada hari Senin Legi, maka menjadi Senin neptunya 4 dan Legi neptunya 5. Jadi dijumlah menjadi 9, berarti si Miko neptu Dino Pasarannya adalah 9. Ini akan menjadi patokan untuk perhitungan di buku Primbon Jawa, seperti misalnya untuk hitungan hari menikah, mencari rejeki dan lain-lain.
Suro neptu 7
Sapar neptu 2
Rabingulawal neptu 3
Rabingulakirneptu 5
Jumadilawalneptu6
Jumadilakirneptu1
Rejebneptu2
Ruwahneptu4
Pasaneptu5
Sawalneptu7
Dulkaidahneptu1
Besarneptu3
Weton Neptu Tahun / Weton Neptu Sasi
                                  " kalau penjelasan di atas saya saya sendiri tidak tahu apa maksudnya , ...bagi yang awam pastinya juga bingung apa artinya,..namun bagi yang tahu dan mengerti pastinya sudah paham betul " apa maksudnya.
Cara mengetahui Jumlah / hitungan Weton sendiri
kalau ingin mengetahui jumlah hitungan weton bagi diri sendiri ,.saya sedikit tahu cara mencarinya :
kebanyakan cara ini  digunakan untuk mencari jodoh yang pas ,..namun  ada angka -angka yang Kebanyakan orang Jawa bilang mesti  dihindari dalam pencarian jodoh ( Maksudnya jumlah angka kedua pasangan pria dan wanita kalau di jumlahkan ada berapa ) 
misalnya weton si pria 18 sedang si wanita 11,..jadi kalau dijumlahkan 29
saya sendiri tidak tahu angka berapa yang harus dihindari dalam mencari jodoh
Namun disini saya tidak membahas tentang hitungan jodoh namun hitungan weton sendiri 
( untuk per-orangan maksudnya baik Pria dan Wanita Dan hanya patokan dasarnya saja.( Gunakan hanya untuk hal yang baik saja )
Begini cara mencari jumlah weton anda
cari akte kelahiran anda ,..kalau tidak ada tanya pada orang tua hari kelahiran sekaligus pasarannya
kalau tanpa itu anda akan kesulitan,..kebanyakan yang tidak di ketahui cuma pasaran saja  .
kalau sudah ketemu semua hitung dengan Tabel berikut ;
catatan : Neptu mewakilkan nama /jumlah bilangan
misalnya jika anda lahir hari sabtu jumlah 9 dan pasarannya pon jumlah 7,..kalau dijumlah semuanya 16,
jadi angka 16 itulah weton anda.
contoh satu lagi anda lahir hari Senin jumlah 4 dan pasarannya kliwon jumlah 8 kalau dijumlah 12,jadi angka 12 adalah weton anda
kalau masih bingung begini patokannya : 
anda lahir hari apa dan pasarannya berapa ,..kemudiaan jumlahkan semuanya
contoh - anda lahir hari  Minggu Pahing = 14 karena minggu 5,.sedang Pahing 9
anda lahir hari kamis Wage = 13 karena Kamis 9 ,..sedang wage 4...dll.
semoga ini bermanfaat ,..dan gunakan untuk hal -hal yang baik saja .
ambil saja hikmahnya



Berikut ini penjelasan menurut hasil dari penjumlahan weton tersebut:
PEGAT
Pasangan ini kemungkinan akan sering menemukan masalah di kemudian hari.
Bisa itu dari masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan.
RATU
Pasangan ini bisa dibilang memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga maupun lingkungan sekitar.
Bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.
JODOH
Pasangan ini memang beneran cocok dan berjodoh. Bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangannya.
Rumah tangga bisa rukun sampai tua.
TOPO
Dalam membina rumah tangga akan sering mengalami kesusahan di awal-awal namun akan bahagia pada akhirnya.
Masalah tersebut bisa saja soal ekonomi dan lain sebagainya.
Namun pada saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

TINARI
Pasangan ini akan menemukan kebahagiaan.
Gampang dalam mencari rezeki dan tidak sampai hidup kekurangan. Hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.
PADU
Pasangan ini dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran.
Namum meskipun sering bertengkar, tidak sampai membawa ke dalam perceraian.
Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.
SUJANAN
Pasangan ini dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan.
Bisa itu dari pihak laki-laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan.
PESTHI
Pasangan ini dalam berumah tangga akan rukun, tenteram, adem ayem sampai tua.
Meskipun ada masalah apapun tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.
2. Cara Menghitung Weton Jodoh dengan Sisa Neptu
a) Tentukan hari kelahiran dan pasaran / weton masing-masing pasangan baik pria maupun wanita.
b) Tentukan neptu masing-masing, kemudian jumlahkan.
Misalnya, wanita lahir di hari Jumat dengan pasaran legi, atau memiliki weton Jumat Legi.
Pria lahir di hari Sabtu dengan pasaran Kliwon, atau weton kelahirannya Sabtu Kliwon.
Maka Jumlah Neptu wanita = 11 dan Pria jumlah neptunya 17. Jumlah neptu pria dan wanita adalah 28.
Cara menghitung weton jodoh selanjutnya dengan membagi keduanya dengan angka 7.
Sisanya dijadikan pedoman dalam primbon Jodoh.
Misalnya 28 : 7 = 4. Karena tidak ada sisanya atau pas dibagi 7 maka bisa dikatakan sisanya adalah 7.
Di bawah ini hasil dari pembagian weton kedua pasangan.
Sisa 1. Wasesasegara yang artinya besar budinya,kaya dan besar wibawanya.
Sisa 2. Tunggaksemi yang artinya sedikit rezekinya.
Sisa 3. Satriya wibawa yang artinya dapat kemulyaan dan keluhuran tinggi.
Sisa 4. Sumur sinaba yang artinya banyak orang datang untuk berguru.
Sisa 5. Satriya wirang yang artinya sering susah,sering malu akibat tindakannya sendiri,dan suka di fitnah orang.
Dalam kitab primbon, untuk menolak hal tersebut bisa memotong ayam saat akan ijab kabul.
Sisa 6. Bumikepetak yang artinya hatinya gelap,kuat dalam bekerja,tahan menghadapi ujian dan rintangan.
Untuk menolak hal tersebut bisa mendem lemah/mengubur tanah saat akan ijab kabul pengantin.
Sisa 7. Lebu ketiup angin yang artinya sering mendapatkan kesusahan, apapun cita-cita tidak akan tercapai, sering pindah rumah.
Penolak bala yang bisa di lakukan dengan cara abul lemah/menabur debu saat akan ijab kabul pengantin.
Dari penghitungan tersebut dapat diramalkan adanya beberapa kemungkinan yang mungkin bakal terjadi kelak jika Anda telah menjalin hubungan kekasih atau berumah tangga.
Naman perlu di ingat, semua ini adalah perhitungan manusia semata dan segalanya adalah kuasa Tuhan, gunakan sebagai hiburan dan referensi semata.

54 comments:

  1. KISAH NYATA…………..
    Ass.Saya IBU DESI HERAWATI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Jaya,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki
    Jaya alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali
    usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Jaya Taat Pribadi di nmr 082347045525 Kiyai Jaya Taat, indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program
    pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami
    khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti
    program ini adalah sebagai berikut :
    Mempunyai Hutang banyak
    Ingin membuka usaha dengan Modal besar
    dll
    Syarat :
    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
    Proses :
    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur
    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
    Prosedur Daftar Ritual ini :
    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP
    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
    Kirim ke nomor ini : 082347045525
    Web: www.pesugihaninstan.jw.lt
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya
    Maaf Program ini TERBATAS

    ReplyDelete
  2. Slmt siang mba, Saya mengalami hal itu skarang, weton saya Kamis Pon, dan pasangan saya Minggu Wage, hsilnya 24 yg mnurut mreka tidak baik. orangtua saya melarang perkawinan karna kejawen (weton tanggal lahir). Gimana caranya supaya orangtua saya dapat merestui saya dengan adat jawa yang seperti itu, cara agar orangtua tidak kerashati, krna mrek bilang itu gak ada syaratnya utk ttap mnikah. Mskipun saya tau melawan orangtua itu dosa, tapi saya yakin bhwa jodoh,rejeki,ksehatan ada di tangan Tuhan?. tolong bantu solusinya.. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Jodoh Maut Rejeki itu ALLAH yg mengatur, intinya Ikhlas..
    Baik dan buruk suatu kejadian smua kehendak ALLAH,Apa daya qta jika ALLAH yg berkehendak...
    setiap masalah pasti ada jalannya...
    Allah itu maha adil lagi maha tau...


    jika itu perhitungan jawa pasti hnya berlaku dipulau jawa...

    ReplyDelete
  4. Jodoh Maut Rejeki itu ALLAH yg mengatur, intinya Ikhlas..
    Baik dan buruk suatu kejadian smua kehendak ALLAH,Apa daya qta jika ALLAH yg berkehendak...
    setiap masalah pasti ada jalannya...
    Allah itu maha adil lagi maha tau...


    jika itu perhitungan jawa pasti hnya berlaku dipulau jawa...

    ReplyDelete
  5. Kalo kamis wage sama minggu wage gimana?

    ReplyDelete
  6. Kenapa di neptu pasaran tidak ada angka 6??????

    ReplyDelete
  7. Kenapa di neptu pasaran tidak ada angka 6??????

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Sayang nya itu tidak hanya berlaku di pulau jawa saja tapi juga di kalimantan selatan karena di sini juga banyak orang jawa. Sedih rasanya ya kalau hitungannya tidak cocok. Takutnya orang yg tau tidak cocok bisa putus asa..������

    ReplyDelete
  10. Saya jumat manis dan pasangan saya rano pon kira2 cocok tak ya

    ReplyDelete
  11. kalau ketemu 22 boleh gk y

    ReplyDelete
  12. Assalamualikum ...mbh mau tanya apakah boleh weton kemis wage dengan senen pahing untuk berumh tangga ...jika gg bolh apa alasanya jika masih di lnjutkan apa resiko dan akibatnya mohon jawabnya mbh .

    ReplyDelete
  13. boleh kok, semua bisa dicari solusinya jika dari itungan weton tidak cocok

    ReplyDelete
  14. Assalamualiku saya mau tanya weton saya sama cowok saya totalnya 20
    Terus orang tua tidak merus tui kita untuk menikah
    Tadi saya lihat di atas kali ketemu 20 harus di hindari
    Terus apa ada cara lain dupaya kita bisa terus melanjutkan petnikahan ini
    Tetus gimana solusinya?

    ReplyDelete
  15. Assalamualiku saya mau tanya weton saya sama cowok saya totalnya 20
    Terus orang tua tidak merus tui kita untuk menikah
    Tadi saya lihat di atas kali ketemu 20 harus di hindari
    Terus apa ada cara lain dupaya kita bisa terus melanjutkan petnikahan ini
    Tetus gimana solusinya?

    ReplyDelete
  16. Weton saya ma pasangan saya 25 dan katax gk bagus apa gk ada solusinya gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 25 itu pati gan artinya salah satu anak meninggal. ..nasib kta sma gan, saya sma calon sya ktmu 25

      Delete
  17. Minta saran utk anak saya.
    Anak laki2 minggu pahing
    Perempuan Senin legi
    Mohon saran seharusnya bagaimana terimakasih

    ReplyDelete
  18. Mintaa sarann jika satuan jawa 29 itu baik apa nggak yaa. Makasihh

    ReplyDelete
  19. Kalo dihitung waton nya ketemu 23 apa artinnya? Selasa pahing dan selasa kliwon.

    ReplyDelete
  20. Kalo laki lakinya Jumat pahing perempuannya Sabtu Wage gmna yaa.? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  21. Mohon pencerahannya...weton saya 12 dan weton pasangan 13 ..kan 25 apakah ada cara mengatasinya??

    ReplyDelete
  22. saya weton ahad legi, laki sabtu pahing.. jumlah 28. gmna ya

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Jika cowok minggu kliwon (13) dan cewek selasa kliwon (11) ketemunya 24 apakah boleh dilanjutkan ke pernikahan.terima kasih

    ReplyDelete
  25. Saya minggu wage, pasangan Saya senin pon apakah cocok?

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Saya kamis wage
    Pasangan rebo legi...gmn ya

    ReplyDelete
  28. Kalo saya dengan pasangan total 23 gmna ya

    ReplyDelete
  29. Sabtu pon ketemu selasa kliwon gmn?

    ReplyDelete
  30. Saya senen wage dan pasangan saya minggu pon

    ReplyDelete
  31. Kalau sma" kita selasa Wage bagaimana

    ReplyDelete
  32. Apa boleh kalau sabtu legi dg pahing

    ReplyDelete
  33. Apa boleh sabtu legi dg minggu pahing

    ReplyDelete
  34. Kalau weton ketemu 30 gimana.?? Yg laki 15 dan yg prempuan 15.. kira" bagus gak.???

    ReplyDelete
  35. Kalau weton yang laki senin pondan yang perempuan kamis pahing gimana..? Mohon pencerahanya..

    ReplyDelete
  36. Kalau saya rebo pon dan pasangan saya rebo pon gimana ?...

    ReplyDelete
  37. Kalau saya rabu Wage dan pasangan saya jumat legi cocok apa tidak kira- kira

    ReplyDelete
  38. Kalo senin keliwon sam jumat pon gimana

    ReplyDelete
  39. Kalau senin pahing dan Kamis pahing apa bisa menikah ? Da jika tidak apa ada pengkalnya?

    ReplyDelete